Dalam upaya menjamin proses dan hasil pelayanan Wadah yang berkualitas maka pada tahun 2017 Wadah mengikuti kegiatan sertifikasi ISO 9001:2015. ISO 9001:2015 ini memuat pedoman pelaksanaan program atau kegiatan sesuai dengan standar internasional. Pedoman yang disebut sistim manajemen mutu (SMM) itu mewajibkan setiap organisasi yang memegang sertifikat ISO 9001:2015 menjalankan program-programnya dalam alur atau siklus plan, do, check, dan act (PDCA).
Pedoman itu dilengkapi dengan sejumlah manual mutu dan standard operational procedure (SOP) untuk membantu setiap karyawan di Wadah melaksanakan tugas pokok dan fungsinya dalam alur PDCA tersebut. Salah satu manual mutu yang dimiliki oleh Wadah adalah konteks organisasi yang berisi antara lain konteks Yayasan, kebutuhan para pemangku kepentingan, ruang lingkup sistim manajemen mutu dan proses-prosesnya. Secara terperinci manual mutu tersebut diuraikan lebih lanjut dalam sejumlah SOP yang berkaitan dengan perencanaan (plan), pelaksanaan (do), monitoring & evaluasi (check) dan tindak lanjut (act).



Dengan tersedianya SOP di setiap tahapan tersebut Wadah berharap bahwa setiap karyawan dapat mencapai kinerja terbaiknya dalam pelayanan. Namun dalam prakteknya masih saja ditemukan ketidak sesuaian antara standar dan realisasinya. Karena itu wadah melakukan audit secara berkala. Dalam audit tersebut Wadah melakukan monitoring dan evaluasi untuk memastikan SMM digunakan dan dirawat dengan baik. Setidaknya ada dua jenis audit di Wadah, yaitu audit internal oleh auditor Wadah sendiri dan audit eksternal oleh badan sertifikasi. Wadah memilih UKAS (United Kingdom Accreditation Service) sebagai lembaga yang mensertifikasi Wadah dalam melaksanakan Sistem Manajemen Mutu.
Sampai dengan tahun 2023 ini Wadah telah memiliki 10 orang auditor internal yang telah bersertifikat. Kesepuluh auditor itu terdiri dari wakil manajemen dan utusan departemen sumber daya manusia dan umum, departemen program, departemen pengembangan dan penelitian, dan departemen keuangan.


Dengan standarisasi kinerja versi ISO 9001:2015 tersebut Wadah berhasil meningkatkan kualitas dan kapasitas 31 karyawannya yang tersebar di Rumah Wadah Pusat Jakarta maupun Rumah Wadah Daerah Yogyakarta, Kupang Koa, Sikka dan Ambon. Dan pada usianya yang ke-15 tahun ini Wadah telah menghasilkan 15 karyawan yang kompeten di bidangnya, 11 agen perubahan di masyarakat, 230 kader di 26 komunitas dampingan, 26 kader terlatih, terampil dan terpercaya di 10 komunitas, dan 11 komunitas menjadi mitra.
Author: Ghewa Yohanes
Editor: Paula Stela Landowero