Wadah Foundation (Wadah) adalah lembaga nirlaba berstandar internasional yang memiliki visi mewujudkan masyarakat yang berdaya dan bermartabat. Untuk mencapai visinya tersebut Wadah menyediakan 3 dukungan yakni dukungan emosional, kesempatan dan fasilitas yang dikemas dalam program pendampingan dan pelatihan di 3 bidang yakni pendidikan, kesehatan dan penguatan ekonomi. Sejak tahun 2009 atau setahun setelah didirikan, Wadah telah berkomitmen untuk mengelola program-programnya secara kredibel dan transparan untuk menghasilkan pelayanan dengan mutu yang terbaik.
Dalam rangka merealisasikan komitmen tersebut, sejak tahun 2017 Wadah secara perlahan bertransformasi dari sebuah lembaga yang dikelola secara organik menjadi lembaga yang dikelola secara professional dengan menerapkan ISO 9001:2015 Sistem Manajemen Mutu (SMM) dari PT Asia Cipta Management (ACM) yang tergabung dalam Amtivo Group, sebuah Badan Sertifikasi Internasional di Inggris yang disertifikasi oleh UKAS (United Kingdom Accreditation Service). Pada tahun 2017 itu juga, Wadah mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2015 SMM untuk pertama kalinya.
Tahun 2023 Wadah menjalankan audit kali ke-7 dalam rangka Renewal Cerification atau pembaruan sertifikasi. Kegiatan itu dilakukan pada hari Senin, 4 Desember 2023 ini dengan hasil OFI (opportunity for improvement). Itu berarti sampai dengan tahun 2023, Wadah berhasil mempertahankan sertifikasi ISO 9001:2015 SMM sebanyak enam kali berturut-turut. Hal itu sekaligus menegaskan bahwa komitmen Wadah terhadap manajemen mutu dan tata kelola organisasi dengan standar internasional ini telah menjadi budaya kerja yang dimiliki oleh setiap pribadi di Wadah mulai dari level pengurus sampai di kalangan staf atau karyawan baik di kantor pusat di Jakarta maupun di daerah.
Dengan mengadopsi ISO 9001:2015 SMM dan menjalankannya secara konsisten, target Wadah dari tahun ke tahun pun menjadi lebih terukur sehingga karyawan di kantor maupun lapangan dapat menjalankan setiap program secara lebih efektif serta efisien. Bersamaan dengan itu, transparansi dan kepatuhan hukum sebagai pilar utama pelayanan Wadah menjadi semakin kuat dan terimpelentasi dengan baik dalam setiap kegiatan operasionalnya. Maka dengan pemantauan dan penilaian yang konsisten terhadap persyaratan hukum yang berlaku, Wadah Foundation tidak hanya mempertahankan sertifikasi ISO 9001:2015 SMM, tetapi juga merawat dan meningkatkan kepercayaan masyarakat, pemerintah dan para sponsor yang selama ini bekerjasama dan mendukung visi, misi dan tujuan Wadah.
Keberhasilan Wadah mempertahankan dan memperpanjang sertifikasi ISO 9001:2015 SMM ini juga menunjukkan bahwa Wadah telah mengalami perkembangan signifikan dalam berbagai aspek baik manajemen maupun operasionalnya. Salah satu pencapaian utama yang dapat diidentifikasi adalah peningkatan mutu layanan yang bisa dilihat pada diri kader-kader Wadah yang mulai mendapatkan kepercayaan masyarakat dan pemerintah untuk menjalankan peran dan tanggung jawab publik baik di desa maupun kabupaten/kota.
Dengan bekerja sesuai standar internasional, Wadah terus berdedikasi melakukan pengembangan sebagai persiapan untuk beradaptasi dengan perubahan yang semakin kompleks dan dinamis di masa depan baik di lingkup organisasi maupun masyarakat sasaran layanan. Salah satu strategi pengembangan yang digunakan adalah memastikan agar pengurus dan karyawan secara konsisten mengidentifikasi dan mengelola resiko-resiko potensial yang dapat mempengaruhi kinerja organisasi, sesuai dengan standar ISO 9001:2015 SMM.
Dengan pencapaian ini, Wadah Foundation dapat semakin dekat ke visinya untuk mewujudkan masyarakat yang berdaya dan bermartabat Kesuksesan mempertahankan sertifikasi ISO 9001: 2015 selama enam tahun adalah cerminan dari semangat dan dedikasi kolektif Wadah Foundation dalam mencapai keunggulan operasional dan memberikan manfaat nyata bagi masyarakat.
Author: Wahyuning Dwi Ndraha
Editor: Yan Ghewa